Langkah-langkah Cara Pemasangan Kloset Duduk Toto

Selasa, 29 Agustus 2017

Langkah-langkah Cara Pemasangan Kloset Duduk Toto

Kloset duduk memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kloset jongkok. Bagi yang sudah lanjut usia atau yang memiliki penyakit tertentu, menggunakan kloset duduk dirasa lebih mudah dibandingkan kloset jongkok. Kloset ini juga bisa lebih bersih dan praktis dalam penggunaannya. Salah satu merk kloset duduk yang banyak digunakan adalah Toto. Untuk memasang kloset duduk Toto, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Cara pemasangan kloset duduk Toto tersebut adalah sebagai berikut: 

cara pemasangan closet duduk toto
Baca Juga : Closet Duduk Toto, Closet Duduk Terbaik Untuk Rumah Minimalis

  • Memasang pipa PVC

Langkah pertama dalam pemasangan kloset duduk merk Toto adalah memasang pipa PVC yang nantinya akan menjadi saluran lubang kloset. Saat memasang pipa ini, jarak lubang kloset duduk dengan dinding jangan terlalu mepet. Hal ini dapat mempersulit pemasangan kloset. Kita harus mengukur dengan baik jarak tersebut dan menyesuaikannya dengan model kloset yang akan dipasang. Toto memang menjual kloset duduk dengan berbagai model dan ukuran. Sehingga masing-masing model membutuhkan jarak pemasangan yang berbeda-beda.
  • Memasang lantai keramik

Setelah pipa terpasang, keramik dari kamar mandi kemudian bisa dipasang. Pemasangan tersebut tentu harus menyisakan bagian pada lubang dimana pipa PVC ditempatkan. Pemotongan dan pemasangan keramik bisa dibuat sesuai bentuk lubang, atau jika kesulitan bisa berbentuk persegi 4 saja. Langkah berikutnya dari cara memasang closet jongkok adalah memotong pipa PVC agar rata dengan keramik yang sudah dipasang pada lantai kamar mandi.
  • Penempatan kloset

Sebelum kloset mulai dipasang, sebaiknya keramik yang akan menutupi dinding dipasang terlebih dahulu. Bila kloset duduk sudah terpasang, maka penempelan keramik pada dinding akan lebih sulit. Pemasangan keramik tersebut harus memperhatikan dimana kran air kloset nanti akan dipasang. Kran ini jangan dipasang terlalu dekat ataupun terlalu jauh. Setelah itu, cara pemasangan kloset duduk Toto bisa dilanjutkan dengan mencoba menempatkan kloset pada lubang pipa PVC. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui posisi bautnya.
  • Pemasangan baut

Saat penempatan kloset, posisi baut sebaiknya diberi tanda menggunakan spidol. Kemudian pada tanda tersebut bisa dilakukan pengeboran. Lanjutkan dengan pemasangan pisher di lubang baut. Kemudian kloset duduk bisa mulai dipasang. Lakukan pemasangan dan pengencangan baut-bautnya dengan baik, tetapi jangan terlalu kencang. Jika pemasangan baut terlalu kencang, ada kemungkinan keramik tempat lubang baut menjadi pecah. Jika semua bagian telah terpasang, bisa dilakukan pengetesan untuk mengetahui apakah kloset dapat berfungsi dengan baik.
Pada dasarnya, cara pemasangan kloset duduk Toto tidak berbeda jauh dengan merk lainnya. Walaupun tentu saja, merk ini memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya adalah teknologi pembilasan yang digunakannya. Toto mampu menghemat penggunaan air yang digunakan untuk membilas. Dengan demikian, kloset duduk bisa bersih maksimal dengan penggunaan air yang jumlahnya bisa lebih minimal.